Selamat Hari Baru, Bunda

Kamis malam menyisipkan gerimis di sudut hati saat aku membuka-buka album lama dan menekuri sosok yang sangat aku rindu: bundaku


Image

Selamat hari baru, Bunda.
Kata mereka, jangan siakan bundamu, karena ketika kau lahir sesungguhnya bundamu tengah menahan banyak sakitnya dan mempertaruhkan nyawa. Aku tak pernah tahu rasanya, Bunda, sampai aku mengalami keguguran.

selamat hari baru, Bunda.
Dulu aku tak selalu mengerti nasihat dan kekhawatiran bunda. Namun, menyusui, menimang bayi mungil, melihatnya tumbuh dan berkembang, telah membuatku menyadari banyak hal: kadang sayang tak selalu dibungkus senyum.

Selamat hari baru, Bunda.
Anakmu yang dulu kauajarkan memasukkan tangan kanan dahulu ke dalam baju, kini mulai pandai memilih warna busana yang harus dipakai ketika pergi bekerja.

Selamat hari baru, Bunda.
Anakmu yang dulu  kauajarkan mengeja kata, perlahan mulai mengeja hidupnya sendiri setapak demi setapak. Meski kadang aku masih bertanya, Bunda, benarkah arah yang tengah kueja ini? Apa yang harus kulakukan untuk menjadi istri yang baik sebagaimana bunda kepada ayah? Apa yang harus kulakukan untuk menjadi ibu yang baik sebagaimana bunda kepada kami berdelapan? Apa yang harus kulakukan untuk menjadi manusia yang baik, sebaik-baiknya manusia? Karena, Bunda, aku sesungguhnya masih meraba-raba dan seringkali salah.

Selamat hari baru, Bunda.
Apa kabarmu? Hari ini aku tak bisa merengkuh tanganmu dan menatap bola matamu, tetapi sekeranjang doa yang kuberi pita merah jambu telah kulangitkan. Bunda, kau selalu tahu bahwa kapan pun, di mana pun, sedekat dan sejauh apa pun: aku selalu memelukmu dengan doa-doaku.

Selamat hari baru, Bunda🙂
Semoga berkah, selalu dalam rahman dan rahim Allah

5 thoughts on “Selamat Hari Baru, Bunda

Leave a Reply

