Eh, Fatih Mulai Makan, yaaaa?

Fatih sayang, manis, cinta, buah hati, mutiarakuuuu… akhirnya, masa ASIX kamu berakhir, Nak. Saatnya telah tiba buat mama dan baba berpusing-pusing bahagia ria memikirkan apa yang harus kau makan untuk esok hari~halah drama!

Sebagai ibu baru, tentunya saya harus berusaha mengorek informasi dari mana-mana, termasuk dari Mbah Gugel. Tapi, kebanyakan ngorek malah bikin galau yaa.. hahaha. Ada ibu memulai MPASI (makanan pendamping ASI) dengan memberikan buah karena rasanya manis (ASI kan juga manis..cobain, deh!). Jadi, anak nggak terlalu senep gitu pas mulai makan, soalnya kan rasa manis memberikan sensasi bahagia😀

Ada juga yang mulai memberikan sayuran buat anaknya. Alasannya, sayur kan rasanya nggak manis seperti buah, ntar kalau awalnya dikasih buah yang manis-manis, anaknya dikhawatirkan nggak doyan sayur. Prinsipnya, berpahit-pahit dahulu, bermanis-manis kemudian.

Sementara, ada juga yang awalnya langsung memperkenalkan karbohidrat, bisa lewat beras wangi atau kentang. Alasannya supaya nggak memicu reaksi alergi. Kan jarang tuh ada orang alergi karbodirat.

Tinggalah saya seorang diri kebingungan sambil nunduk di pojokan -_- Setelah menimbanng-nimbang, akhirnya saya memilih untuk memulai dengan buah. Pilihan pertama jatuh ke pir, alpukat, atau pisang. Babanya Fatih pun mulai keliling cari buah-buahan. Ternyata, buah yang siap makan cuma pir. huhuhu… pisangnya belum terlalu kuning dan alpukatnya masih harus diperam dulu. Maklum, Sodara.. Fatih masuk usia 6 bulannya pada awal-awal musim dingin.

Image

Itu dia beberapa macam ekspresi Fatih pas makan. Sejauh ini, saya nggak nerapin 4 days rule untuk melihat reaksi alergi, alhamdulillah aman.

Apa saja yang sudah dimakan Fatih? Dalam tiga pekan ini, Fatih sudah makan pir, pisang, alpukat, stroberi, labu, kentang, dan wortel. Memulai MPASI itu tantangan banget yaaa! Mood ibu harus full filled supaya atmosfirnya asyik. Awalnya, Fatih nggak  mau nerima makhluk asing selain ASI. Terus, dicoba dicampur-campur pakai stroberi. Eh, bocah malah demen bener..😀 Tapi sekarang sudah nggak campur-campur stroberi lagi khawatir jadi kebiasaan.

Selain itu, saya juga kasih asupan satu sendok bayi EVOO (Extra Virgin Olive Oil) buat Fatih. Meskipun rasanya nggak oke, tapi Fatih rutin minum itu setiap hari. Awalnya saya kasih EVOO pake tangan atau dioles-olesin gitu di bibirnya. Lama-lama pas dia udah ikrib sama bau dan rasanya, mulai deh saya kasih pakai sendok.

Fatiiihhh, makan yang banyak biar berat, kalau kata baba. Tapi kalau kata mama, “Fatiiihhh, makan yang semangat yaaaa biar sehaaaaaaat.”~pencitraan di blog. hahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s