Masuk Sekolah dan Mengurus Anak

Seperti anak-anak SD–SMA, saya pun mulai masuk sekolah lagi sejak 26 Agustus lalu, tepatnya setelah jatah cuti melahirkan saya habis. Tapi, tidak seperti waktu-waktu sebelumnya, sekarang perasaan saya berbeda setiap kali harus meninggalkan rumah menuju sekolah. Kenapa cobaaaaaaaa? Ya, karena saya harus rela meninggalkan Fatih, si bayi sehat, di rumah😦

Tapi saya sudah memilih dan saya harus bertanggung jawab dengan pilihan saya. Saya memilih untuk tetap bekerja, tapi bukan berarti saya menelantarkan Fatih. It’s really hard to be a working mother, but everything’s gonna be okay if we can manage it. Jadi, saya pun mencari kakak yang bisa mengasuh Fatih selama saya mengajar. Alhamdulillah, kakak ini muslimah yang salihat subhanallah. Jadi si Fatih sering dingajiin deh😀 dan banyak faktor-faktor alhamdulillah lain yang membuat saya, meskipun berat, dapat tetap pergi sekolah dan menunaikan tugas sebagai guru.

Faktor-faktor alhamdulillah itu adalah:

1. Flat yang kami sewa hanya berjarak sekitar 350 m dari sekolah. Jadi, kalau ada jam-jam kosong yang lebih dari satu jam, saya pulang atau Fatih yang datang ke sekolah untuk disusui.

2. Kepala sekolah mengizinkan saya menyimpan boks bayi di kelas just in case if he fall asleep after breastfeeding at school.

3. Semangat untuk tetap memberikan ASI eksklusif sehingga walaupun badai melanda dan benua memisahkan, Fatih tetap bisa minum ASI perahan emaknya.

4. Fatih adalah bayi yang bisa diajak kerja sama. Jadi, kalaupun dia tidur di kelas, ataupun main-main sendirian di boksnya, dijamin bisa tetap anteng sampai nanti tiba sesi menyusui.

5. Juga, dukungan dari keluarga, guru-guru, dan murid-murid.

Menjadi ibu ternyata rasanya sangat luar biasa, kita bisa tiba-tiba menjadi orang yang sangat kuat, yang nggak peduli dengan kantuk dan rasa lelah. Itu karena Allah memberikan kita obat yang luar biasa ampuh untuk menyembuhkan segala rasa yang nggak asyik. Obat itu bernama anak :’) Thank Allah for a blessed life.

Leave a Reply

