Perkelahian di Bawah Rumah

Malam tadi, saya baru akan beranjak tidur pada pukul 2 dini hari. Belum lagi saya sempat memejamkan mata, tiba-tiba terdengar keramaian di luar. Keramaian itu saya tafsirkan bukan sorak kemenangan orang-orang yang gembira karena Mesir berhasil menekuk Italia 1-0 di kejuaraan Piala Konfederasi, melainkan sorak yang bernuansa suram.

Benar saja. Ketika saya dan ka aceng melongok dari jendela, sudah ada dua kubu yang tengah berhadapan di samping lapangan futsal sambil membawa pentungan. Mereka beradu mulut dalam jarak dekat. Saya sendiri tidak tahu apa penyebabnya, tapi kalau kata ka aceng, mungkin di antara gerombolan anak muda itu tadi ada yang mengganggu anak gadis sebuah keluarga.

Perkelahian nyaris tak terkendali saat pentungan mulai diangkat. Beruntung, datang masyarakat yang melerai mereka. Perkelahian kali itu tidak bisa selesai dengan kalimat, “shallu ‘ala an-Nabiy” seperti biasanya. Namun akhirnya, para orang tua yang berusaha melerai pun berhasil memisahkan dua kubu tersebut.

Semenjak kami pindah tempat tinggal dari Rab’ah ke distrik 10 (hayy Ashir), malam-malam kami memang nyaris tak pernah tenang. suatu waktu, bengkel mobil yang berada di bawah rumah kami, masih saja sibuk memotong besi pada jam 1 malam. Belum lagi kegemaran orang Mesir yang suka bermain futsal selepas jam 11 malam, atau riuh rendah orang-orang yang nongkrong di kafe saat menggelar nonton bareng siaran sepak bola yang menampilkan Mesir sebagai partisipannya. Bisa gempa deh hayy ashir setiap kali Mesir berhasil menguasai bola, apalagi ketika gol.

Maklum, musim panas. Malamnya jauh lebih hidup dibandingkan pagi dan siangnya.

p.s.: biasanya, di sini, kalau ada orang yang bertengkar, bisa dengan mudahnya dilerai dengan kalimat, “shallu ‘ala an-nabiy.” mereka akan terdiam dan segera mengirim shalawat kepada Rasulullah saw–seperti yang saya saksikan di bus dalam beberapa perjalanan.

keterangan gambar
atas : pemandangan dari rumah di Rab’ah. Yang mirip piramid itu adalah makam dan monumennya anwar sadat.

bawah: pemandangan dari rumah di mutsallas, hayy ashir yang kami tempati hampir dua bulanan ini..

10 thoughts on “Perkelahian di Bawah Rumah

  1. saya sedang di Mesir mbak, nunggu misua kelar kuliah sambil les bahasa Arab. pemandangan yang di bawah itu bukan mobil yang parkirnya nggak teratur, tapi bengkel mobil yang seenak udel markirin pasien-pasiennya (baca: mobil) di lapangan futsal dan sekelilingnya. Di situlah terjadinya perkelahian malam kemarin. hehehe

  2. selebardaunkelor said: kerenan di Rab’ah ya Lu? kok pindah siy?

    hehehe.. jauh mba kalo masalah kerenan mah. tapi harganya juga jauh. mudah-mudahan dua bulan ke depan bisa pindah lagi^__________^

  3. hz86 said: wah..seru ceu ceritanya,,kamu gak ikutan keluar rumah?melerai.. takut kena timpuk ya?ehehe

    bukan kenapa2 isma, aku takutnya kalo keluar orang2 jadi pada terpesona ama aku, jadi suasananya ga seru lagi. gitu aja sih is…

  4. Tah kitu ari di pangumbaraan mah. Sok aya wae pacaturkeuneun teh.Mantakna, ceuk sepuh tea mah, “pindah cai pindah tampian”.Sing ngariksa kana jadwal ebog atanapi leleson. Ulah nyileuk wae, malih nepi ka tabuh 2 janari.Sing sarehat nya.

  5. pondokkangsunman said: Tah kitu ari di pangumbaraan mah. Sok aya wae pacaturkeuneun teh.Mantakna, ceuk sepuh tea mah, “pindah cai pindah tampian”.Sing ngariksa kana jadwal ebog atanapi leleson. Ulah nyileuk wae, malih nepi ka tabuh 2 janari.Sing sarehat nya.

    iya nih, banyak suka-dukanya. minta ampun deh. tapi mudah-mudahan bisa jadi bekal hidup. kalo tidur larut malem mah gara-gara di bawah rumah ada kafe yang ngegelar nonton bareng mesir vs italia (1-0). jadilah semalaman itu ributnya nggak kira-kira. hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s