adil sang muazin


diam-diam saya terharu melihat Adil begitu rajin mengarahkan pandangan ke arah jam dinding untuk memastikan bahwa waktu shalat sudah tiba. dengan demikian, ia bisa langsung melesat menuju mushala jami al-khair dan mengumandangkan azan. adil adalah muazin kebanggaan kami sejak ramadhan lalu. tepatnya lagi, sejak adil masih ber-“Allahu Ekber” ria sampai dengan sekarang, saat suara azannya jadi mirip sama yang di tipi (setelah semalaman dilatih oleh Ahmad).

salah satu pengikut setia adil di rumah adalah ayyub (ya iyalah..orang ahmad tinggal di asrama dan adam di pesantren..T_T). jadi, setiap kali waktu shalat tiba, adil menyuruh ayyub segera berwudhu, sambil mengatakan “cepetan yub, ntar kita Ekber (maksudnya azan)”. atau sebagai pengikut setia, kalau adil lupa menengok ke arah jam dinding, dan ayyub sudah mendengar azan dari masjid ummul quro atau mushala yang lain, maka ayyub akan mengatakan “dil, udah azan, ayo kita Ekber”. yah, jadilah dua anak ini sebagai pelanggan tetap mushala jami al-khair setiap kali tiba waktu shalat.

kalau hujan, adil akan tetap berjalan ke mushala dengan payung merah besar bertuliskan “tahu yunyi” sambil mengangkat sarungnya sampai dengkul. setelah itu, adil akan menutup pintu dengan terburu-buru, sebab menghindari ayyub yang sudah siap mengikutinya dari belakang. begitulah kelakukan pengikut setia. “adil ih, ayyubnya diajak dong.” adil buru-buru pergi sambil mengatakan “jangan ah, ujan nih. adil mau lari, ntar kamunya basah.” maka ayyub pun hanya bisa diam di rumah sambil menunggu azan dari mulut si muazin. dan, seperti biasa, ayyub berkomentar “tuh, adil udah Ekber.”

mengenai kami, manusia-manusia penjaga rumah (maksute wanita), akan mendengar azannya adil dan berkomentar. tapi tentu saja, komentar ini akan disampaikan pada adil sebagai kritik yang membangun. berikut beberapa kritik yang selama ini sudah terlontar untuk adil falah abdurrahim:
1. dil, perasaan tadi kamu masih ngomong “Allahu Ekber” deh
2. ntar pas “hayya ‘ala shalah” dan “hayya ‘ala al-falah” yang keduanya dipanjangin
3. kamu gaya azannya jangan dimodifikasi terus dong, dil. segera dipatenkan.
4. ciee yang azan, bagus neh suaranya..
5. dsb.
tapi yang paling perhatian adalah ahmad. ahmad yang melatih adil untuk azan dengan benar. setidaknya dalam menyebut “Allahu Akbar” (setelah sebelumnya menyebut “Allahu Ekber”). ahmad juga yang mengajarkan cengkok en vibrasinya. sah..gaya bener kan tu anak.

hohohoho. adil, semoga bisa terus jadi muazin dan jadi kakak yang bisa memberikan inspirasi kebaikan buat ayyub. amiin.

*keterangan foto: adil (baju oranye), bunda, ayyub, adam, ahmad

9 thoughts on “adil sang muazin

  1. ciheee…tau ga ceu??sblom si adil diajarin ama ka ahmad,dia ke rumah aku dulu katanya dia pengen diajarin gitu laah..daaan…*pasti ceu lulu mah tau klanjutannye!

  2. *apaan coba kelalanjutannya?daaan..pas adil ngedengerin suara kamu, adil terpaksa langsung pulang ke rumah, soalnya tiba-tiba semua kaca di rumah kamu pada pecah–shock ngedenger suara kamu. kekekek..

  3. hehehhe…subhanallah…eh, beneran nih. aku jadi haru ngebaca tulisan ini.kayak aku dulue.. tapi dalam hal ini aku sebagai ayub, bukan adil.cuman jadi pengikut setia and setia.

  4. azka96 said: yee kaga laah ceu..jadi itu si adil jago bgitu juga karna aku..bukan karna yang laen apalagi isma..hhoho!!piss ya, ma!!

    hahahaha. azka, kamu hati-hati..ntar aku bilangin ke isma loh^^

  5. nevaza said: hehehhe…subhanallah…eh, beneran nih. aku jadi haru ngebaca tulisan ini.kayak aku dulue.. tapi dalam hal ini aku sebagai ayub, bukan adil.cuman jadi pengikut setia and setia.

    asik nih jadi bisa nostalgia.btw, selamat ujian, semoga sukses. amiin.

  6. pengikut setia??jadi inget si Lia Eden.. hehehhehehe..iya nih.. aku juga terharu!! hu..hu..azka kawan yang ‘MANIS..’dirimu sudah kehabisan kata2 ya??dari dulu ngomong getoh molo??(coba kamu liat dibeberapa postingannya mbak Lula ini..) mending jujur! ini maaah.. hoeks..hu..u.. cuma bayangan! hahay! piiss men!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s