ayyub dan gerhana bulan

kemarin, hari selasa, saya menyempatkan diri untuk pulang ke rumah orang tua. duuuhh.. udah kaya apaan aja deh ‘pulang ke rumah orang tua’ . tapi memang demikianlah adanya, karena meski sama-sama di Bogor, saya tinggal sendirian, di rumah yang terpisah sama ayah, bunda, dan adik-adik tercintrunk.
rencananya mah, saya mau curcol dikit gituh tentang hasil dari pergi ke dokter pas hari senin, sekalian mau ngegasak makanan buat sahur–saya kira hari ini tanggal 15 sya’ban alias masih ayamul bidh, taunye udah 16 yah? hiks–nnahh, pas saya pulang itu kan otomatis saya ketemu ama adik-adik saya dunk.
saat itu, adik-adik saya yang ada di rumah hanya yang laki-laki meski squadnya nggak lengkap juga: adam, adil, en ayyub. dan di sini yang hendak saya ceritakan adalah tentang ayyub the youngest bro dan gerhana bulan.

lulu: ayyub ikut adam gih ke musolah buat shalat maghrib
ayyub: nggak deh, ayyub solat di rumah aja
lulu: loh kok?
ayyub: iya, nih liat, kuku ayyub lagi sakit, udah mau coplok (copot)
lulu: yaudah, solat dulu. ntar ceu lulu mau ke rumah belakang. liat gerhana bulan. mau ikutan nggak?
ayyub: mau.

[setelah selesai urusannya, saya pun mengajak ayyub ke rumah belakang. rumah yang baru dibikin gitu deh ceritanye]

ayyub:-mendorong pintu-loh, ceu, pintunya ditaliin nih
lulu: sini ceu lulu bukain
ayyub: emang bisa nguncinya lagi ntar
lulu: bisa lah..ini mah cuma diiket

[lulu dan ayyub masuk ke dalam setelah melepas sandal]

lulu: emang kenapa sih sendalnya harus dilepas? kan kotor yub?
ayyub: ya iyalah, ini udah disapuin ama mang cece
lulu: ke atas yuk, biar bisa liat bulannya.
ayyub: yu

[sampai di lantai dua, saya dan ayyub berjalan menuju balkon belakang yang ada lantai berbatu buat refleksinya]
ayyub: ceu lulu, ini kan bisa buat refleksi
lulu: masa sih? o iya, ya ampun sakit. sakit.
ayyub: tuh kan bisa.
lulu: ddoohh.. sakkiiii
ayyub: apaan tau ‘sakkiii’,’ sakit’ tau yang betul
lulu: kata siapa? orang yang betul ‘saki’
ayyub: yang betul ‘sakit’
lulu: iya deh, eh liat gerhana yuks..-berjalan menuju balkon depan-
ayyub: yah, bulannya udah ilang
lulu: iya nih yub, mendung
ayyub: kalo ilang mah soalnya terhalang.
lulu: terhalang apaan maksud kamu yub?
ayyub: iya, bulannya terhalang bumi
lulu: doooo..gaya bener jawabannya. tapi ini juga mendung yub.
ayyub: tapi ini karena bulannya terhalang ceu..
lulu: iye, iye…gimana sekolah TK-nya
ayyub: asik tuh. eh, tapi ada temen ayyub yang minumnya pake dot loh
lulu: yang bener?
ayyub: iya, padahal malu atuh ya, orang dia mah dipanggilnya aja ‘abang’ ama ibunya. tapinya masih pake dot.
lulu: hehehehe..

pembicaraan masih berlanjut. tentang TKnya Ayyub. tentang guru-gurunya dan teman-temannya, hingga waktu menunjukkan pukul 18.30 yang artinya: saya harus pergi ke tempat les.
nggak tau kenapa ya, ayyub itu banyak membuat saya takjub. terutama sama cara berpikir, kelakuan, en pemilihan kata-katanya. yah, mungkin juga sebab adik yang betul-betul saya lihat perkembangannya dari mulai umur satu detik ya den ayyub itu.
baru kali itu saya nemenin bunda melahirkan dari awal pembukaan.
tapi tetep aja da, kadang ayyub suka bikin senep. terutama kalo manjanya lagi keluar. dan kalo udah gitu, biasanya langsung diledekin. kaga ada yang manjain. huahahaha. kesian bener dia.
eh, segitu dulu aja cerita tentang Ayyub dan gerhana bulannya. ‘itu kan karena bulannya terhalang bumi..’ ntu anak tau dari mane ye..

7 thoughts on “ayyub dan gerhana bulan

  1. ya tentu aja ceu lulu lah!secara gue gitu loh yang ngurus doski dari pertama kali doski ngebrojol. huehehehehe..kalo ayyub pinter, itu karena nyontoh ceu lulutapi kalo ayyub mulai kumat blecetannye, itu pasti gara-gara nyontoh kamu!

  2. tau darimana?? dari akuu…kan critanya, sblom ayyub maen ama ceu lulu, ayyub nilpun aku trus nanya…”mbak azka, blaa…blaa…ceeh…ceeh..heep…??”. trus aku jawap,”itu kan karena bulannya terhalang bumi..”. nah bgitulah critanya mengapa ayyub bisa tau…hehe..^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s