“boleh di bunuh, nggak?”

tadi siang, pas lagi nyuapin Ayyub–adik lelaki yang paling kecil, berumur empat tahun–saya mengomentari salah satu kelakuannya: menepuk semut. ceritanya Ayyub lagi sibuk dengan sepatu sandal barunya. tiba-tiba, dia melihat ada seekor semut merah merayap di sana. “plak” sebuah tepukan mendarat dengan indah, si semut pun tewas seketika.
saya yang menyaksikan insiden itu merasa perlu turun tangan, “ayyub, hewan yang nggak ganggu itu nggak boleh dibunuh. apalagi semut. kasian kan semutnya.”
ayyub pun diam, lalu menjawab, “tapi kan tadi semutnya naek ke sepatunya ayyub”
“ayyub kan bisa mindahin semutnya ke lantai. jangan dibunuh.” saya kembali mengingatkan. ayyub diam, cukup lama, hingga meluncur sebuah pertanyaan dan pernyataan. “kalo tikus boleh dibunuh? kemaren kan nangkep tikus pake lem terus tikusnya mati.”
“tikusnya ganggu kita nggak? kan tikus suka bikin dapur jadi bau” jawab saya sambil terus memperhatikan Ayyub yang tanpa sadar mengambil semut mati itu dan ditaronya di telapak tangannya.
“jadi tikus boleh dibunuh ya, ceu? nyamuk juga dong boleh, kan suka gigit ayyub.”
“iya, boleh.” saya kembali menjawab.
tiba-tiba ayyub bertanya lagi, “kalo singa?”
“nggak boleh” jawab saya.
“kalo jerapah?”
“nggak boleh.”
“kalo harimau?”
“nggak boleh.”
“kalo gajah?”
“nggak boleh”
“kok kambing sama sapi waktu itu boleh dipotong (‘idul adha), kan nggak ganggu.” Ayyub terus bertanya.
“kan ayyub suka dagingnya. jadi dibolehin sama Allah untuk dipotong.” jawab saya.
“berarti ayam boleh dipotong?” tanya Ayyub lagi
“boleh” jawab saya. kemudian, saya pun bertanya pada Ayyub, “kalo ikan sama udang boleh dibunuh nggak?”
“boleh. kan buat dimakan sama ayyub.” jawabnya.
saya tertawa, kemudian kembali menyuapinya setelah waktu makan siangnya terpotong oleh tanya-jawab seputar pembunuhan terhadap hewan

4 thoughts on ““boleh di bunuh, nggak?”

  1. Allah..lucu amat ade aku yang satu ini..cerdasnya??kaga nahan..keturunan kakanya yg ngasih komen ini nih!(hehe)moga slaen cerdas,ayyub juga sholih ye??Amiin..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s