Pernik Rumah Tangga #3

16 Oct

Beberapa waktu lalu, saya baca tulisan seperti ini:

Di balik para lelaki sabar ada istri yang ngeyel dan susah dibilangin.

Membacanya, saya merasa sepet sekaligus geli. Sepet, karena jargon yang biasa saya dengar adalah “di balik lelaki sukses ada istri yang hebat.” Geli, karena dipikir-pikir, ‘ih, kokk… kayanya gue kenal deh sama salah satu pasangan suami-istri yang kaya gitu.” hahahaha :D

Continue reading

Elegi yang tak pernah selesai disenandungkan

3 Jul

IMG_8542

kafiyeh,
batu,
dan elegi yang tak pernah selesai disenandungkan,

tak pernah menyalahkan kemanusiaan kita yang kian surut,

tak pernah bertanya tentang perlu seberapa banyak lagi darah yang tercecer agar mata kita tak lagi buta,

tak pernah bertanya perlu sekencang apa raungan bocah-bocah yang menjadi yatim agar telinga kita tak lagi tuli,

tak pernah bertanya tentang perlu seporanda apa tanah mereka agar mulut kita tak lagi bisu.

langit akan kembali memerah saga; entah oleh siapa:

oleh bayang api yang melumat kota,
oleh darah para syuhada,
oleh tangan-tangan durjana,
atau oleh jiwa kita—yang terbutakan dunia fana.

***
Ya Allah maafkan kami jika membantu saudara kami sebatas doa pun kami masih lalai.

Allahummansurhum. Allahummansurhum. Allahummansurhum.

LMS, 3 Juli 2014

Pernik Rumah Tangga

1 Jul

Saya tengah membaca buku And The Mountains Echoed saat saya tiba-tiba berkomentar, “Kayanya, perempuan paling cantik di dunia itu perempuan-perempuan Afghan dan Kashmir.”

“Kok bisa?” tanya Kak Aceng.

“Saya pernah lihat foto-foto mereka di majalah. Yang saya lihat itu foto-foto perempuan korban perang. Kebayang kan muka mereka kalau hidupnya bahagia.” Lanjut saya.

“Kalau menurut saya, perempuan paling cantik di dunia itu orang Bogor yang doyan mungutin kenari.” Ujar Kak Aceng  sambil terkekeh.

Saya terpaksa mengalihkan wajah saya dari buku ke wajah laki-laki yang kelakuannya paling lucu sekaligus paling menyebalkan sedunia itu. Sebuah bantal saya layangkan ke arahnya. Oke, dia memang hobi ngegombal dan saya perempuan yang terjerat dengan gombalannya.

Image

***

Continue reading

Terima Kasih, Tuan Guru!

27 Jun

Terima kasih. Ucapan yang amat singkat tetapi mempunyai efek magis yang dapat menyunggingkan senyum di setiap wajah.

Hari itu adalah hari pembagian rapor. Seorang wali murid tengah menunggu gilirannya untuk saya panggil dan menerima rapor anaknya. Namun, saya memilih untuk tidak memanggilnya. Saya mendatanginya sambil menyerahkan rapor anaknya. “Alhamdulillah, anak ibu mengalami banyak perkembangan di berbagai sisi.”

“Bagaimana anak saya, Tuan guru?” tanyanya.

“Anak ibu luar biasa. Saya senang sekali bisa sering bertemu dengan anak ibu di sekolah.”

Ia berdiri tepat di depan teman-temannya. memperhatikan saat saya mengambil foto. Tapi ia tidak mau ikut difoto. curang :p

Ia berdiri tepat di depan teman-temannya; memperhatikan saat saya mengambil foto. Tapi ia tidak mau ikut difoto. Curang :p

Continue reading

Quote 16 Jun

“Stop trying to figure it all out. Often the answers come to us when we least expect it.” OCC

Memilih Cantik

13 Jun

Sepi tengah menggelayuti matanya saat saya mengajaknya berbicara. “Kamu sedang sedih? Kenapa nggak ikut bermain dengan kawan-kawan?”

“Ya, Bu. Aku kadang-kadang kesepian.” Jawabnya.

“Kenapa? Kok kemarin-kemarin ibu masih lihat kamu main-main sama kawan-kawan.” Pancing saya. Kali ini sambil menuntun tangannya untuk memasuki ruangan yang sepi agar saya bisa bicara lebih lanjut dengannya.

“Ada temanku yang bilang aku bau dan gendut.” Kali ini matanya memerah.

muslimah

Continue reading

Video

Esok hari

13 Jun

Apa yang terlintas tentang esok hari? Ada yang menganggap bahwa esok adalah sesuatu yang semu sebab kita takkan pernah tahu apakah akan dapat menjumpainya. Ada pula yang menganggap bahwa esok adalah harapan akan kehidupan yang lebih baik, hari untuk menuai apa yang telah kita tanam, waktu untuk menjawab mimpi-mimpi kita yang belum terwujud pada hari ini.

Yang jelas, esok pasti akan datang dengan atau tanpa kita; membawa cerita tentang dua sisi mata uang yang tetap harus kita syukuri. Ada yang akan bahagia ada yang akan kecewa, ada yang akan menang ada yang akan kalah. Namun, satu hal yang pasti, cerita yang berhikmah adalah cerita tentang mereka yang tak menyerah dengan keterbatasan dirinya pada hari ini.

Kisah Sepatu dan Bulan Juni

30 May

“Cinta itu memang seperti udara, kita tidak bisa melihatnya, tapi kita bisa merasakannya. Sejuk. Juga mengisi memenuhi rongga paru-paru kehidupan kita. Lalu memberikan semangat dan makna kehidupan yang lebih berarti. Ia jauh, tak tersentuh, tetapi terasa kuat, betul-betul kuat, terasa dekat, sangat dekat.” (Atjeng, suaminya Lulu)

cats

Continue reading

Quote 24 May

Setiap orang pasti akan diuji untuk mengukur kadar kesabaran dan sikap tawakal yang ia punya. Juga, sebagai jeda hidup untuk memikirkan lebih dalam tentang Ia, yang barangkali tidak menjadi prioritas dalam hidup kita

Bersyukur

24 May

DSC_0176

Bersyukurlah karena kita tidak memiliki semua yang diinginkan
sebab jika kita memiliki semua itu,
apalagi yang hendak kita cari
dan kita pun tidak berusaha lagi
bukankah, dengan usaha itu, kita menjadi berarti?

Continue reading

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 28 other followers